Jumat, 24 Juni 2011

Kemewahan dan Idealisme

Hmm, saya pernah dengar “kemewahan terakhir yang dimiliki mahasiswa adalah idealisme”. Kemewahan... kemewahan menurut saya adalah daya/ kemampuan yang dimiliki oleh suatu pihak dan memiliki sebuah nilai yang dipandang tinggi oleh pihak tersebut.

Idealisme adalah suatu sudut pandang yang dimiliki manusia untuk memandang suatu isu/ permasalahan dari tatanan idealnya. Tanpa kepentingan individual, emosi, dan keputusasaan. Idealisme adalah titik dimana semua pihak mendapatkan posisi yang nyaman.

Mahasiswa memiliki fungsi yang saya kurang tahu bagaimana sejarah perumusannya. Tapi, sepertinya tak banyak mahasiswa yang berkelakuan seperti fungsinya. Fungsi yang mengatur tanggung jawabnya, yang terbengkalai. Akhirnya tak dapat digugat siapa yang meleng, karena ya itu tadi tak ada penggagas jelas yang menjaga mahasiswa untuk berada di relnya. Beberapa pihak mahasiswa yang sadar tanggung jawab melakukan gerakan bawah tanah dan terang-terangan, namun hasilnya juga pandangan sebelah mata dan hujanan pesimisme. Beberapa mahasiswa yang lebih tahu malah memanfaatkan ke-tahu-annya dan menyerahkan kebebasannya pada materi.

Sampailah saya pada suatu penyimpulan. Fungsi dari idealisme adalah untuk mengetahui titik kompromis dan kemudian memanfaatkannya untuk menelikung dan memberi pencitraan yang dibutuhkan demi sebuah kepentingan yang emosional. Untuk saat ini dan saya sekarang merasa sendirian.

“oh tuhan, saya memilih untuk tidak mengerti kali ini, semua pengetahuan ini membuatku takut”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar